Macam - Macam Software DBMS

18 Feb 2012

Haii,, mungkin kali ini masih dalam rangka tugas hehe, alhamdulillah dosen gw kalo nyuruh bikin tugas selalu harus di posting ke blog, jadi kemungkinan blog gw bakal penuh hahaa,, anyway postingan sebelumnya mungkin hanya sekedar pengenalan apa itu basis data dan apa itu DBMS, keuntungan serta siapa aja yang terlibat dalam bidang Basis Data (Database). Sekarang kita akan lebih mengenal software RDBMS. Dalam penyusunan postingan kali ini mungkin terlihat lebih Copy-Paste, haha yup gw memang menggunakan banyak Source atau sumber, haha, dan setelah memahami banyak sumbernya, gw akhirnya menyusunya agar terlihat relevan, hehe, oke deh, mungkin postingan ini bisa memberikan informasi lebih :D

Software RDBMS

Hmm, di postingan sebelumya, mungkin gw udah menjelaskan apa itu DBMS (Database Management System), Software yang menyediakan layanan Database dan penanganan database itu sendiri, RDBMS (Relational Database Managament System), hmm RDBMS adalah pengembangan dari DBMS itu sendiri,RDBMS merelasikan kumpulan DBMS untuk bekerja secara bersama - sama, biasanya RDBMS dikembangkan dengan 4GL (4th Generation Language) dan dikembangkan secara fleksibel sehingga USER dapat menggunakan database dengan mudah, RDBMS pertama kali dikembangkan oleh E.F Codd (IBM, 1969). Ada beberapa contoh DBMS seperti berikut :

  1. MySQL, adalah DBMS yang Multi-thread dan Multi-User, dengan 6 juta installasi di seluruh dunia, MySQL dikembangkan di MySQLAB, dan ditawarkan secara gratis dalam GNU General Public Lisence (GNU), namun mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQLAB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael “Monty” Widenius. Beberapa keunggulan MySQL adalah

    • Software sumber terbuka dibawah lisensi GPL (General Public Lisence), sehingga bebas diunduh, digunakan, dan di modifikasi
    • Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
    • Stabil, Tangguh dan Kecepatan penanganan Query yang dapat dipercaya
    • Fleksibel dengan berbagai bahasa pemrograman, seperti : Pemrograman C, C++, C#,Eiffel, Smalltalk, Java, Lisp, Perl, PHP, Python, Ruby, REALbasic dan Tcl
    • Mempunyai beberapa lapis sistem keamanan seperti : subnetmask, host name, izin akses user serta sandi terenkripsi
    • Dukungan dari banyak komunitas dan kemudahan management data base
  2. Oracle, Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang. Beberapa keunggulan Oracle adalah :

    • Dapat bekerja dilingkungan client/server
    • Mampu menangani manajemen space dan basis data yang besar
    • Mendukung akses data secara simultan
    • Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi
    • Fleksibilitas yaitu kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan berbagai kebutuhan dan kondisi.
    • Skalabilitas yaitu mengacu pada kemampuan untuk terus berkembang.
  3. Microsoft SQL Server, Merupakan produk andalan microsoft untuk database server. Umum digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil hingga menengah, dan berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar. Bahasa Query utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase.Microsoft SQL Server dan Sybase/ASE dapat berkomunikasi lewat jaringan dengan menggunakan protokol TDS (Tabular Data Stream). Selain dari itu, Microsoft SQL Server juga mendukung ODBC (Open Database Connectivity), dan mempunyai driver JDBC untuk bahasa pemrograman Java. Fitur yang lain dari SQL Server ini adalah kemampuannya untuk membuat basis data mirroring dan clustering.

  4. Firebird (juga disebut FirebirdSQL) adalah sistem manajemen basisdata relasional yang menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. RDBMS ini berjalan baik di Linux, Windows, maupun pada sejumlah platform Unix. Firebird di diarahkan dan di-maintain oleh FirebirdSQL Foundation. Ia merupakan turunan dari Interbase versi open source milik Borland. Beberapa kelebihan Firebird :

    • Sebuah transaksi bisa di commit atau di rollback dengan mudah
    • Menggunakan sintaks standard untuk menciptakan foreign key
    • Menggunakan multi version concurrency system
    • Bisa melakukan replikasi data dengan operasi insert, update atau delete ke dalam database
    • Firebird support dengan multiple data file,
    • Banyaknya fasilitas support dan maintenance karena banyaknya komunitas firebird.
  5. Visual Foxpro, Visual FoxPro adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan prosedural dari Microsoft. Awalnya bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama FoxBASE yang diluncurkan oleh Fox Software pada awal 1984. Pada tahun 1989 foxbase berkembang menjadi foxpro dan memperkenalkan GUI. Fox Technologies kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama Foxpro ditambahkan awalan "Visual". Pada tahun 1995 Foxpro berkembang menjadi Visual Foxpro dan dilengkapi dengan pemrograman berorientasi objek, serta dapat membangun aplikasi berbasis web.

  6. Postgre SQL, adalah sebuah sistem basis data yang disebarluaskan secara bebas menurut Perjanjian lisensi BSD. Piranti lunak ini merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle. PostgreSQL menyediakan fitur yang berguna untuk replikasi basis data. Fitur-fitur yang disediakan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan lain-lain. Awal tahun 1982 Michael Stonebraker dari University of California Barkeley membuat sebuah ORDBMS dan merupakan software open source yang gratis. PostgreSQL adalah sistem database yang kuat untuk urusan relasi, open source. Memiliki lebih dari 15 tahun pengembangan aktif dan sudah terbukti segala rancangan arsitekturnya telah mendapat reputasi tentang "kuat", "handal", "integritas data", dan "akurasi data". Beberapa keistimewaan PostgreSQL adalah :

    • Unggul dalam menentukan kemampuan tipe data
    • Databasenya mampu memahami hubungan dan mengambil informasi dari tabel terkait
    • Dukungan kuat para pengembang
  7. dBase, dBASE adalah sebuah sistem manajemen basisdata (DBMS) yang secara luas digunakan pada mikrokomputer yang dikenalkan oleh Ashton-Tate untuk komputer CP/M, dan kemudian untuk platform Apple II, Apple Macintosh dan IBM PC dengan DOS yang menjadi salah satu perangkat lunak yang paling laris selama beberapa tahun pada saat itu. Ketidakmampuan dBASE untuk bertransisi dengan sistem operasi yang lebih baru, Microsoft Windows pada akhirnya membuat penggunaan dBASE tergantikan oleh produk-produk lainnya yang lebih baru seperti Paradox, Clipper, FoxPro, dan Microsoft Access. kepemilikan dBASE pada akhirnya dijual ke Borland pada tahun 1991 dan pada tahun 1999 Borland menjual hak atas jajaran produk dBASE pada sebuah perusahaan baru dBASE Inc. dasar file format dBASE, yang dikenal sebagai file .dbf, saat ini merupakan salah satu format yang luas digunakan oleh banyak aplikasi yang membutuhkan format sederhana untuk menyimpan data-data secara terstruktur. dBASE dilinsensikan pada penggunanya untuk jangka waktu lima puluh tahun dalam masa yang tidak mungkin bagi pengguna untuk mengoperasikan dBASE selama jangka waktu tersebut.

  8. IBM DB/2, DB2 memiliki sejarah panjang dan ditenggarai sebagai perangkat lunak basisdata pertama yang mengimplementasikan SQL, meski demikian, umumnya Oracle lebih dikenal sebagai perangkat lunak basisdata pertama yang dikomersilkan secara luas dengan menyertakan dukungan atas SQL. IBM DB2 Enterprise Server Edition merupakan sebuah perangkat lunak sistem manajemen basisdata relasional yang dikembangkan oleh IBM. Perangkat lunak tersebut utamanya berjalan pada sistem operasi Unix (sebut saja AIX), Solaris, Linux, IBM i/OS/400, z/OS, dan Microsoft Windows. DB2 juga diketahui digunakan sebagai sistem basis data pada IBM InfoSphere Warehouse edition.

Oke, barusan adalah postingan yang bukan tipe gw haha, dimana hampir 60% tidak gw ketik dan muncul dari pikiran gw, namun insting mahasiswa gw yang selalu membutuhkan nilai dari dosen membawa gw untuk googling sana - sini, namun gw rasa apa yang sudah gw susun dalam postingan ini mampu memberikan ilmu dan wawasan baru hehe, aniway keep on writting guys :D

Sumber :

http://Wikipedia.org

http://sukepi-kun.blogspot.com/2010/11/macam-macam-software-dmbs.html


TAGS Konsep Basis Data Basis Data database RDBMS mysql oracle sql structured query languange odbc firebird dbase microsoft sql server firbirdsql ibm db/2


-

Author

Follow Me