Pengenalan Konsep Basis Data

9 Feb 2012

heeyyy,, semuannya, hmm postingan kali ini mungkin akan sedikit lebih spesial dan lebih panjang, haha karena postingan kali ini di khususkan untuk tugas mata kuliah Basis Data di kuliahan gw hehe, jadi kali ini gw bakalan memaparkan pengenalan database, mungkin awalnya agak sulit untuk menyusun postingan kali ini, pertama karena buru2 hehe, yang kedua, karena banyak temen yang minta bantuin untuk mengelola blog hehehe, alhamdulillah gw udah punya blog, jadi maaf ya kawan kalo ada beberapa posting kedepan yang memang diperuntukan untuk tugas, oh ya materi yang didalam sini gak semuannya gw susun sendiri, ya mungkin akan ada tambahan googling sana - sini, yaudah deh dari pada kita lama - lama berbasa basi, mending kita langsung bahas aja kali ya :D

1. Apakah Basis Data dan DBMS itu ?

Yup, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai konsep basis data, lebih baik kita mengenal terlebih dahulu apa itu Basis Data atau dalam bahasa inggrisnya Database hehe,, Pemahaman Basis Data pasti berkembang dan mengalami banyak perubahan dalam maknanya, namun dari beberapa sumber, sebagian besar mengatakan bahwa Database itu,

Basis data (database) adalah kumpulan dari berbagai data
yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan
di perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat
lunak. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi dari tipe data,
struktur dan batasan dari data atau informasi yang akan disimpan. Database merupakan
salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena
merupakan basis dalam menyediakan informasi pada para pengguna atau user.

Nah, jadi jelas kan mengenai pemahaman database ? Sebenernya suatu data yang di susun secara katagorinya dan direlasikan / dihubungkan dengan data lainnya yang tujuannya untuk menghasilkan suatu informasi baik secara analog maupun komputerisasi dapat dikatakan Basis Data atau Database. Sekarang bagaimana mengelola database ?, Nahh, untuk hal ini diperlukanlah sebuah DBMS (Database Management System) dimana DBMS dapat berupa program / aplikasi yang mampu membuat dan mengatur database sesuai kebutuhan user, jadi secara garis besar pengertian dari DBMS adalah sebagai berikut :

DBMS adalah Sistem pengorganisasian dan pengolahan data base pada komputer. Sistem ini dirancang untuk mampu melakukan berbagai data dengan beberapa referensi data yang sama. DBMS ini mampu diakses oleh berbagai aplikasi.

Terobosan dari DBMS adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang mengorganisasikan data dalam suatu struktur dan memaksimalkan berbagai cara serta menghubungkan antar kumpulan data yang disimpan dalam database.
nah terobosan berikutnya adalah Distributed Relational Database Management System (DRDBMS). Dengan DRDBMS memungkinkan informasi berada pada baris data di lokasi yang berbeda (didistribusikan), dan direferensisilangkan, diperbaharui, dan akses dari semua lokasi, seolah-olah data tersebut berbasis data tunggal dan terpusat. Ada banyak perusahaan yang menawarkan DBMS itu sendiri, seperti Oracle, MySQL, Microsoft Access, MySQL-Front, SQLite dan semacamnya..


MySQL - Front


CLI - SQL

DBMS merupakan perangkat lunak yang bersifat general-purpose yang memiliki fasilitas proses define, construct dan manipulate basisdata untuk aplikasi yang bervariasi.

  • Define,ialah fungsi untuk melakukan spesifikasi tipe data, struktur dan constraint data yang akan disimpan dalam basis data
  • Construct, ialah fungsi untuk melakukan proses penyimpanan data ke dalam beberapa media penyimpanan yang dikontrol DBMS
  • Manipulate, ialah fungsi untuk melakukan query atau memanggil data, update data dan menghasilkan laporan yang berasal dari basis data

Perbedaan Basis Data dan DBMS

Jadi jelas sudah perbedaan antara keduannya, hmm mungkin keduannya sangat diperlukan dalam konsep basis data, namun secara artian keduannya sangat berbeda, jika Basis Data adalah Data / Record dari data - data, sedangkan DBMS adalah aplikasi untuk mengelola record / data tersebut, dan juga untuk menambahkan data, menghapus, mengubah dan menampilkan database itu sendiri :D

2. Perkembangan Basis Data

Perkembangan Basis Data tidak terlepas dari perkembangan teknologi komputer itu sendiri, nah pas perang dunia ke 2 selesai, banyak negara maju yang mulai mengembangkan teknologi komputer untuk publik, atau general-purpose, tidak hanya untuk kepentingan militer. Dari perkembangan inilah, konsep Basis Data juga ikut berkembang

Pada awal tahun 1960, Charles Bachman di perusahaan General Electric mendesain generasi pertama DBMS yang disebut Penyimpanan Data Terintegrasi (Integrated Data Store). Dasar untuk model data jaringan terbentuk lalu distandarisasi oleh Conference on Data System Languages (CODASYL). Kemudian, Bachman menerima CM Turing Award (penghargaan semacam nobel pada ilmu komputer) tahun 1973.


Charles Bachman

Pada akhir tahun 1960-an, IBM mengembangkan sistem manajemen informasi (Information Management System). Hasil kerjasama antara IBM dengan perusahaan penerbangan Amerika mengembangkan sistem SABRE. Sistem SABRE memungkinkan user mengakses data yang sama pada jaringan komputer.Pada tahun 1970, Edgar Codd di laboratorium penelitian di San Jose mengusulkan suatu representasi data baru yang disebut model data relasional.

Pada tahun 1980, model relasional menjadi paradigma DBMS paling dominan. Bahasa query SQL (Structured Query Language) dikembangkan untuk basisdata relasional sebagai bagian proyek Sistem R dari IBM. SQL distandarisasi di akhir tahun 1980 dan SQL-92 diadopsi oleh American National Standards Institute (ANSI) dan International Standards Organization (ISO). Program yang digunakan untuk eksekusi bersamaan dalam basisdata disebut transaksi.

Pada akhir tahun 1980 dan permulaan tahun 1990, banyak bidang sistem basisdata dikembangkan. Penelitian di bidang basisdata meliputi bahasa query yang powerful, model data lengkap, dan penekanan pada dukungan analisis data yang kompleks, sistem diperluas dengan kemampuan menyimpan tipe data baru misalnya image dan text serta kemampuan query yang kompleks.

3. Keuntungan menggunakan Basis Data terkomputerisasi

Ada beberapa keuntungan dalam penggunaan konsep Basis Data dalam penerapannya, berikut akan di jelaskan keuntungan dalam penggunaan konsep Basis Data (Database)

  • Controlling Redundancy, dalam pemasukan data terkadang terjadi perulangan, hal ini mengganggu logika dalam relasi, dan terkadang duplikat data seperti ini juga mempengaruhi hasil query, hal ini dapat dikontrol dengan mudah.
  • Restricting Unauthorized Access, yaitu mampu membagi hak akses terhadap data, baik dalam menginput maupun memanipulasi data dalam database, terkadang tidak semua user bisa atau diizinkan untuk melakukan semuannya, hal ini dapat ditangani dengan mudah.
  • Providing Persistent Storage for Program Object and Data Structures,Ini yang mengawali sistem basis data berorientasi objek. Misal tipe record dalam pascal atau definisi kelas di C++. Nilai dari variable program dihilangkan setiap program selesai, kecuali pemrogram menyimpannya secara permanen dalam file, yang biasanya dikonversi ke format yang sesuai. Untuk membacanya, pemrogram harus mengkonversi dari format file ke struktur variabel program. Objek ini disebut persistence.
  • Permitting Inferencing and Actions Using Rules,Sistem basis data deduktif memiliki kemampuan mendefinisikan rule deduksi untuk mendapatkan informasi baru.
  • Providing Multiple User Interfaces, keragaman User dengan kemampuan yang berbeda dalam menangani database, membuat DBMS mengikuti kebutuhan interface atau tampilan yang sesuai, hal ini menjadi keuntungan tersendiri dalam mempermudah melakukan managemen data.
  • Representing Complex Relationships Among Data, Basis data terdiri dari bermacam2 data yang saling berhubungan. DBMS memiliki kemampuan untuk mewakili bermacam2 hubungan yang kompleks diantara data secara mudah dan efisien.
  • Enforcing Integrity Constraints,DBMS memiliki kemampuan untuk membuat suatu integrity constraint. Tipe yang paling sederhana dari integrity contraint adalah menspesifikasikan tipe data untuk setiap item data. Misal item data untuk program studi yang boleh disimpan adalah character 1 hingga 5, nilai "nama" harus char dan tidak lebih dari 30 karakter.
  • Providing Backup and Recovery,Backup dan recovery merupakan fasilitas yang harus disediakan DBMS. Misal jika sistem komputer gagal saat sedang mengupdate program, sub sistem recovery bertanggungjawab untuk memperbaiki atau memastikan basis data direstore ke keadaan sebelum program dieksekusi kembali. Atau sub sistem recovery memastikan bahwa program diresume dari keadaan dimana diinterupsi sehingga basis data dapat menyimpannya.

4. Pelaku yang terlibat dalam lingkungan Basis Data

Ada beberapa orang yang dapat dikatakan terlibat dalam penerapan konsep Basis Data, dan mereka disebut dengan END-USER, end-user Adalah pelaku yang membutuhkan akses ke basis data untuk query, update dan generate laporan yang terbagi dalam beberapa kategori yakni :

  • Casual end user, Ialah pengguna yang mengakses basis data, tetapi mereka membutuhkan informasi yang berbeda setiap saat. Mereka menggunakan bahasa query basis data yang canggih untuk menspesifikasikan permintaan dan mereka adalah manajer tingkat tinggi atau menengah.
  • Nave/ parametric end user,Ialah pengguna dengan fungsi pekerjaaan utama mereka adalah berkisar pada query dan update basis data yang disebut canned transaction.
  • Sophisticated end users, Merupakan kelompok pengguna mencakup ahli teknik, ilmuwan, analis bisnis, dan lainnya yang terbiasa dengan fasilitas dari DBMS untuk mengimplementasikan aplikasi sesuai kebutuhannya.
  • Stand-alone end users, Adalah pengguna yang melakukan manajemen basis data personal dengan menggunakan paket program yang sudah jadi yang menyediakan menu yang easy user dan interface tab berbasis grafik.

Hmm gw rasa cukup sampe sini postingan kali ini, yup gw harap selain gw bisa dapet nilai memuaskan, postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian juga, keep on writting guys :D

Referensi :


Simarmata, Janner dan Imam Paryudi, “Basis Data”, Andi, Yogyakarta : 2005

http://irhamja.blogspot.com/

http://krida85.wordpress.com/2008/04/16/pengertian-basis-data/


TAGS Konsep Basis Data Basis Data database DBMS RDBMS Database Management System manajemen data Konsep Database Relational Data mysql oracle database sql sql structured query language


-

Author

Follow Me