Include Dokumen dengan PHP

8 Sep 2011

Haiii… balik lagi dengan Tutorial yang serba dasar, hahah, tapi gak apalah, mudah2an dari yang dasar ini kalian bisa buat yang lebihh besar. :),, oke dehh,, sebelum kalian memasuki postingan ini, gw harap kalian udah tahu lebih dahulu mengenai dasar PHP, coba buka postingan lama gw disini, nahh sekarang gw anggap kalian udah mengerti mengenai dasar PHP, kita akan langsung kembali ke pembahasan kali ini

Nahh pernah gak kalian mencoba membuat program PHP yang panjang, atau gini ketika kalian membuat Form yang banyak inputField dan actionnya di arahkan ke dokumen lain, maka, hasil form akan diproses di dokumen yang berbeda, namun kalo kalian ingin menampilkannya di bawah form atau di dokumen yang sama, berarti kalian harus membuat program PHP di dalam dokumen yang sama, bayangkan jika program kalian dan form kalian banyaaakkk banget, atau nanti ketika kalian masuk ke pembuatan web yang lebih besar, gak mungkin yang dihalaman index programnya akan di buat di index juga kan,, misal web portal seperti detik atau vivanews, gila aja kalo semuannya di buat di index, di dokumen yang sama, akan ada berapa ribu line listing kode di dokumen yang sama, dan akan berdampak lamanya dokumen itu di akses,, maka dari itu ada yang disebut Include atau yang orang2 / temen / guru gw DIPANGGIL, ya, Include (menggabungkan) adalah metode memanggil file yang berbeda dokumen kedalam dokumen yang lain, jadi ketika kita buka halaman facebook, Kotak Form login, register dan lain2 sebenarnya berada di dokumen yang berbeda, lalu di include di dokumen Index yang kalian liat.. Kita liat penjabarannya seperti dibawah ini..

Udah kelliatan kan gambaran dari penggunaan Include itu sendiri, sekarang, kita lihat dari sisi codenya aja langsung yaaa… Penulisannya simpel kalian tinggal masukan include aja..


<?php include ("dirctori/nama dokumen"); ?>

Gampang banget kann.. hahaa,, tapi bukan hanya itu yang akan kita bahas dalam postingan kali ini, jelas, dalam penulisan kode itu sangat mudah, tapi untuk beberapa pemula yang baru sangat belajar, akan ada beberapa pertanyaan dan beberapa masalah mengenai include.. oke kita masuk kemasalah..

Perhatikan Nama File dan Jenis File !

Ingat, bahwa dalam penamaan file yang bisa ditoleransi utuk di include adalah file yang tidak memiliki white space / spasi jadi ketika kalian menamakan File pastikan tidak menggunakan spasi, jika itu perlu, gunakanlah underscore, contoh


amri multimedia.php // salah

amri_multimedia.php //benar

amrimultimedia.php //benar

amrimm //salah

amrimm.html //benar

Dan juga kalian perhatikan masalah ekstensi dari File tersebut, jangan tertinggal atau salah, karena PHP akan langsung memanggil file tersebut lengkap dengan ekstensinya.

Perhatikan Direktorinya !

Masalah paling sering muncul adalah, ternyata dokumeny yang kita include tidak tampil atau Browser menampilkan pesan error dalam menginclude File atau dokumen yang terkait. Nahh,, pastikan direktorinya benar, kalau dia masih dalam folder yang sama kalian hanya tinggal memasukan namafilennya, tapi jika tidak kalian harus meletakan direktorinya juga.. liat gambar !

Kasus 1 :Misalnya kalian ingin menginclude connect.php ke dokumen index.php maka akan jadi seperti ini : include ("connect.php");..

Kasus 2 :Misalnya kalian ingin menginclude member.php ke dokumen index.php maka akan jadi seperti ini : include ("member/member.php");..

Kasus 3 : Misal kalian mau menginclude connect.php ke dokumen profile.php maka akan jadi seperti ini : include ("../connect.php");..

Kasus 4 : Misal kalian mau menginclude logout.php ke dokumen profile.php maka akan jadi seperti ini : include ("../pages/connect.php");..

Kasus 5 : Misal kalian mau menginclude connect.php ke dokumen change-profile.php sedangkan change-profile.php sudah diinclude ke index.php maka akan jadi seperti ini : include ("connect.php");..

Untuk kasus ke - 5, begini, jadi kenapa kalian bisa langsung nginclude connect.php tanpa harus menambahkan direktori pathnya ?, karena sebenarnya ketika change-profile.php di include ke index.php, server akan membaca change-profile.php berada di direktori yang sama dengan index.php,, jadi kalian bisa menganggap kalo connect.php sudah berada di direktori yang setara dengan change-profile.php. gimana pahamkan mengenai Direktori ???? yaudah kita sekarang masuk ke percobaan

Ayo Mencoba !

Berbekal pengetahuan dasar PHP dan Postingan yang sebelumnya, kita akan mencoba membuat sebuah contoh program, pertama - tama kalian buat dokumen yang bernama index.php, lalu kalian buat folder baru dengan nama Page, nah buat form dengan nama form.php dan di letakan di folder Page, setelah itu buat file konten.php di direktori yang sama dengan index.php,, nihh listing programnya..

index.php

<html>

<head>

<title>Latihan Include</title>

</head>

<body>

<h2>Selamat datang !</h2>

<?php include "konten.php"; ?>

<br>

Silahkan Login disini… <br>

<?php include "page/form.php"; ?>

</body>

</html>

konten.php

<p align="justify">Selamat datang di web kami, semoga kalian suka dan lebih mampu memahami pengertian dari Include.. Have a nice day !</p>

form.php

<form action="<? PHP_SELF ?>" method="post">

<pre>

User : <input type="text" name="user">

Pass : <input type="password" name="pass">

<input type="submit" value="Login">

</form>

Sekarang kalian panggil dehh file yang index.php di browser, maka semuanya sudah terinclude dalams atu dokumen index,, seperti gambar…

Okehhh dehh kayaknya sekarang udah mulai ngerti dengan Include yaa,, terus mencoba ajaa,, gk enak nihh , mosting blog pake kompie di perpus kampus hehehe :) dan Keep On Writting guys…

P.s. Jangan lupa nyari referensi dari yang lain, yang lebih lengkap, takut2 ajaran gw sesat, hehe, kan semakin banyak referensi, semakin bagus. oh ya, kalo ada penjelasan gw yang salah mohon di ingatkan, hehehehe :)



TAGS programming Tutorial PHP artikel kemajuan internet teknologi internet html dasar html tag html Dasar PHP Form HTML bikin Forms di Web form web form input form input field textarea


-

Author

Follow Me