Idul Fitri 1432 H and I

31 Aug 2011

Hai,, Minal Aidzin Wal Faidzin yaa,, Mohon maaf lahir dan batin,,, hehe… Kalian pernah gak analisa kalimat “Mohon maaf lahir dan batin” ?,, di dalam kalimat tersebut ada 2 kata kunci, yaitu lahir dan batin, jadi kalian harus memaafkan seseorang bukan hanya sekedar lahiriyah, tetapi batiniyahnya juga.. At least, di hari yang fitri ini kita harus saling memaafkan,, bener kan ?..

Kali ini gw mau share mengenai pengalaman Idul Fitri gw *gak penting banget ya* haha, at least, ini akan jadi dokumentasi tertulis gw kelak, hahaha,,, okelah, Tahun ini buat gw terasa lebih hambar *karena THR makin tipis* hehe, gak juga sih, tapi memang tahun ini kurang bersemangat dibanding tahun - tahun sebelumnya. Oh ya, buat gw Tahun ini lebih aneh juga, haha.. Gw mulai dari mana ya, mulai dari beberapa hari sebelum hari H aja ya,,

Hari pertama di kampung gw, di bilangan Kota Cimahi, Bandung *iyee, gw orang sunda tulen yang tidak bisa mengerjakan soal bahasa sunda di SMK*,, kami sudah di hebohkan oleh kehilangan si Cemong.. kenal Cemong siapa ?,, Cemong adalah kucing kesayangan keluarga gw, dan sudah dianggap anak oleh ke dua orang tua gw,, dan otomatis gw menjadi anak ke dua dari 4 bersaudara, dan gw cowok sendiri lagi. haha,, Si Cemong, adalah kucing asal Tibet, yang ditemukan di daerah Cipete oleh Om gw, haha *bukan beli*,, Cemong diangkut beserta kandangnya dari Jakarta.,, Hal pertama yang di lakukan cemong di bandung adalah menghilang, dan membuat semua orang stress dan ade gw pundung (baca : ngambek) seharian, sampe nangis lah,, udahh aja, kita semua panik.. gw nyari keliling komplek padasuka, semuanya juga, nenek gw nanya2 ke tetangga, nyokap gw dan bibi gw menusuri jalan di komplek padasuka, gw dan kakak gw nanya sana sini ke setiap orang, dan gw juga menusuri saluran air,., haha,, sudah menjelang magrib, kita sudah mulai putus asa, ckckck,, udah hilang harapan, kita semua udah Ikhlas.,. saya Ikhlas bu *gaya di iklan*. Bokap gw udah bikin sayembara juga,,, tapi emang jodoh., Si Cemong akhirnya bersuara, gw dan beberapa orang yang mendengarnya langsung mencari dan memanggilnya, ternyata seharian si Cemong ada di kolong kasur tanpa suara, dan gak keluar, ternyata dia takut, abis dikejar2 anjing tetangga, hahahahaha


Si Cemong

Hari kedua, gw kira hari terakhir Puasa,, dan gw udah bahagia ketika berbuka puasa,ahh akhirnya puasa full gak bolong,, yasudah, kita gak ada kecurigaan, baju2 di setrika dan di siapkan,, siangnya, gw dan om gw sudah selesai mengecat rumah nenek gw,, walaupun gw cuma ngecat pager dan profile pintu dan jendela *plus pintunya ketang*,, kita udah seneng dan bahagia menyambut lebaran., Abis buka puasa, ketika semua sedang memberes2 rumah, gw nganterin bibi gw ke Samudra Toserba, di Cimahi juga. Bibi gw belanja, dan gw nganterin., ehh pas di kasir, ada 2 penjaga kasir *Yang satu cakeep siaa,, pake kerudung, pake kacamata, putihhh.. sumpahh cakeepp banget* kayaknya anak PKL, mereka bercanda, dan nanya kapan lebaran, nahh gw mulai bingung, lebaran kapan ???,, kok gak ada acara bedug di toserba ini seperti biasanya, dan gak ada keriuhan dan keramaian. Lalu ditambah status di FB dan tweet di Twitter bilang kalo besok masih puasa, gw tambah bingung,. haaahh ??,, yaudah pas nyampe rumah, ada berita Lebaran diundurr, yaudah dehh puasa lagi…Hilang Taste lebaran kali ini karena konfirmasi dadakan pemerintah.. huhh

Hari ketiga., kita semua sahur seperti biasa *walaupun yang puasa gw ma nenek gw doang*.., Okehh, abis itu tidur lagi.. nahh pas bangun lagi, bokap gw ngajak ke Cihapelas Bandung *asiikk kayaknya pada mau belanja* haha,, yaudah gw ikut, kita sekeluarga pergi, dan ternyata gw baru tau, kalau cuma gw doang yang puasa, yang lain nggak, abis pada ngomongin bakso ceker, mie kocok, bakso babat sampe keripik makicih,, haha,, yaudah dengan niat gw bertekat melanjutkan puasa, banyak yang gak puasa ternyata di hari itu.. ckckckckck.. kita sampe di cihampelas, lalu parkir ke Ciwalk, dalem hati, ngapain coba ketempat ginian, udah tau dompet gw gak ada isinya, hahaha, yaudahlah, keliling ciwalk, dan sempet ke beberapa foodcourt disana, ahh,, gw gak tergoda, dngan makanan2 seperti ini.*dalem hati*, ehh kita keluar dehh dari sana, kita menusuri jalan cihampelas, dan mulai nyokap gw keliling outlet - outlet, gw mah garuk2 kepala aja dahh,, bokap gw ngajak sepupu gw shaby dan ade gw beli eskrim, ahh, udah tengah hari, mulai cape, tapi belum bisa tergoda dengan hal2 tersebut.. akhirnya selesai beli oleh2 disana, kita jalan, kali ini tujuan gak jelas, pokoknya keliling bandung.. okehh lets go. nahh, cobaan puasa gw yang paling kuat adalah ketika di mobil, ckck pada makan keripik Mak Icih yang level 10, pada bilang pedes2, udah tau gw demen pedes,, ahhh, yasudahlah, lalu kita ke buah batu, ke SMKN 2 Bandung, tempat Nyokap gw sekolah dulu, lalu kita ngelewatin Trans Studio.. Lewat Doang ! haha.. terus berhenti di rumah makan Ampera di Jl, Soekarno Hatta. Untung bawa laptop dan Modem, rameee banget pada makan2an sunda, pada seru banget, menggugah napsuu makan ini mahh,, ckckck yasudahlah tahann aja,, nahh sampe dirumah juga,, ckckck akhirnya gw tidur aja,., pass bukaaa gw Hantam semuanya, balas dendam,, ckckckc hehe Malem takbiran, gw bantuin Om gw dan Bibi gw beres2 rumah, yang lain tidur *cuma nyusun aqua gelas doang* haha, abis itu kita makan mie kocok dehhh,, mantapppppp !!


Gw dan Sekeluarga + nenek gw

Hari H.. Jam 3 pagi gw bangun,., untuk nyetor,, hampir setengah jam gw di wc, ini adalah langkah pencegahan agar tidak pulang di tengah2 sholat Ied karena mules, haha,, oke, kita tidur lagi, bangun jam 5 an, tapi baru ngumpul nyawa jam setengah 6an, gw mandi, terus berpakaian rapih nan wangi, kirim2 sms ke semua teman dan kerabat, kita jalan dehh ke tempat sholat ied di GSG (Gedung Serba Guna) di komplek padasuka CImahi, seperti biasa, rundown acara, setelah ngumpul para jamaah, lalu sambutan ketua RW, pembacaan teks sambutan Walikota Cimahi, pertanggung jawabaan zakat, sholat ied dan terakhir khotbah.. acara berlangsung anehh,, masa pas sambutan RW, ada 3 ayam, 2 jago dan satu betina, terbang dari atas pohon dan leanding dengan sempurna di jamaah line ke 2 - 3 (shaff 2 - 3), dan juga di sidebar kiri (sayap kiri jamaah),, ckckck lucu dahh,, sayang gw gak mendokumentasikannya,, okeh lanjut keacara selanjutnya, dan sampai di akhir rundown yaitu khotbah,, sumpahh khotbah Sesaaattt banget dahh.. gw aja yang dibilang bukan pria musolah atau anak santri, tau kalo itu sesat,, yang khotbahkan keluar dari versi cerita khotbah2 yang gw tau sebelumnya,, analisa gw, mulai dari kronologi kejadian dalam khotbah yang berlatar pada jaman Nabi Muhammad, lalu relevansi cerita pada jaman itu dan juga hubungan substansial dari ceramah, anehnya gw anggap 10 dari ustadz sebelumnya bercerita dengan versi yang sama, nahh kenapa yang ini beda… dan yang parah, dia bilang malaikat penjaga pintu sorga adalah malaikat rohmah ???? kita tau kalo itu malaikat ridwan.. ckckck harusnya kita bakar tuhh ustadz.. ckckck,, ternyata denger2 tetangga dan saudara, kalo ustadz itu rada gak beres,, hmmmmm,, ini baru penjelasan yang masuk akal.,. ckckckck… Okehh,, rundown lebaran keluarga gw masih sama seterusnnya,, halal bihalal, Makan ketupat, kedatangan banyak tamu, jiarah makam, makan ketupat lagi,, dan bagi2 THR, dan sudahlah,,

Yasudahlah segitu aja ceritannya,, ini ditulis di hari H, jadi gak ada cerita Hari+ H nya,, hehee.. okelah Keep On Writting Guys !


TAGS Lebaran Idul Fitri Budaya Idul Fitri Cerita Lebaran Hari Fitri


-

Author

Follow Me